Di dunia asuransi kita biasanya lebih sering mendengar istilah polis asuransi. Tapi sudahkah Anda tahu apa itu? Dan bagaimana cara memilih polis yang tepat? Secara umum pengertian polis asuransi adalah dana yang dibayarkan kepada pihak penyedia asuransi atau perusahaan asuransi di setiap bulannya.

Polis ini juga dapat didefinisikan sebagai bukti perjanjian dua belah pihak. Dimana dalam perjanjian tersebut berisikan mengenai segala hak dan kewajiban antara kedua belah pihak tersebut pastinya. Perjanjian dalam polis ini tentu saja menjadi perjanjian yang sah, dan dapat dipertanggung jawabkan apabila suatu saat nanti terjadi masalah sekalipun.

Pengertian Polis Asuransi Lebih Lengkapnya

Polis asuransi adalah kontrak tertulis antara kedua belah pihak, yakni perusahaan asuransi dengan nasabah. Dimana dalam kontrak tersebut tertuliskan mengenai pengalihan resiko, lengkap dengan syarat – syarat yang telah diberlakukan. Oleh karenanya juga disebut sebagai kontrak polis atau sertifikat asuransi.

Mengingat pentingnya perjanjian ini bagi nasabah, jadi diharapkan agar Anda tahu betul mengenai manfaat membeli asuransi. Jangan lupa pula untuk membaca kembali dengan seksama poin – poin dan syarat yang ada dalam polis tersebut. Sangat disarankan sekali agar Anda memilih polis yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda atau perusahaan.

Tips Memilih Polis Sesuai Kebutuhan

Menyesuaikan dengan apa yang Anda butuhkan

Nah, sebagai langkah awal dalam membeli dan memilih polis asuransi maka Anda lebih disarankan untuk memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan. Karena memang pada dasarnya ada banyak sekali jenis polis yang ditawarkan perusahaan asuransi. Hal ini terkadang membuat banyak orang bingung memilih mana yang paling tepat untuk dipilih.

Agar lebih gampangnya, Anda bisa memilih polis yang benar – benar Anda butuhkan misalnya saja dengan terlebih dulu memahami setiap jenis asuransi yang ditawarkan. Dalam hal ini Anda juga tidak boleh sungkan – sungkan untuk bertanya kalau memang ada jenis polis yang belum Anda pahami manfaatnya.

Satu polis bisa digunakan untuk satu keluarga

Setelah Anda tahu polis mana yang paling sesuai dengan kebutuhan, tips selanjutnya adalah memilih perusahaan asuransi yang memungkinkan Anda bisa menggunakan satu polis untuk satu keluarga secara bersamaan. Ini tentu jauh lebih hemat dan sangat menguntungkan sekali, karena Anda hanya perlu membayar satu polis saja tetapi polis tersebut bisa dinikmati oleh semua anggota keluarga.

Memahami dengan seksama syarat – syaratnya

Biasanya perusahaan asuransi memiliki syarat dan ketentuannya masing – masing. Namun apapun syarat yang ditentukan Anda harus terlebih dulu mencermati dengan seksama syarat – syarat polis asuransi tersebut sebelum akhirnya menentukan pilihan atau mengajukan klaim.

Beberapa hal yang penting Anda ketahui dalam polis asuransi antara lain seperti cara perhitungan premi dan besaran premi yang harus dibayarkan. Selain itu, jangan lupa untuk mengetahui dan memahami jenis pertanggungan yang bisa Anda klaim.

Adapun fungsi dari polis itu sendiri bagi nasabah atau pengguna asuransi diantaranya sebagai berikut.

  • Sebagai alat bukti tertulis yang sah atas jaminan penanggungan dari berbagai resiko, tak terkecuali mengenai pergantian atas kerugian yang dialami oleh nasabah atas polis asuransi tersebut.
  • Sebagai alat bukti pembayaran premi yang akan dibayarkan di setiap bulannya kepada pihak perusahaan asuransi.
  • Sebagai alat bukti yang otentik untuk mengklaim penanggungan yang telah ditetapkan dalam syarat – syarat polis . Apabila suatu ketika terjadi kelalaian atau tidak memenuhi jaminan, maka polis akan akan memiliki peranan penting dalam hal ini.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan. Membeli asuransi kepada kami menjamin Anda mendapatkan perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Hubungi kami di nomor 0812-6988-6575 untuk konsultasi.

Leave a comment

Minimum 4 characters

Dapatkan Penawaran Asuransi Anda