Seiring kebutuhan masyarakat, saat ini sudah ada produk asuransi syariah yang berbeda dengan suransi konvensional. Apalagi masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam masih sering ragu terhadap manfaat asuransi konvensional karena anggapan adanya unsur-unsur yang dinilai riba.

Padahal tak sedikit masyarakat muslim di Indonesia yang ingin sekali memiliki asuransi untuk memberikan proteksi terhadap diri dan keluarganya. Karena itulah asuransi syariah hadir sebagai solusi. Lantas apakah yang dimaksud dengan asuransi syariah dan apa bedanya dengan yang konvensional?

Perbedaan Asuransi Syariah dan Asuransi Konvensional

Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Dewan Syariah Nasional (DSN) telah mengeluarkan pernyataan bahwa yang dimaksud dengan asuransi syariah adalah sebuah usaha saling melindungi dan tolong menolong di antara beberapa orang yang dilakukan dengan investasi berupa aset (tabarru’) yang memberikan pola atau bentuk pengembalian guna menghadapi risiko tertentu berdasarkan akad atau perjanjian yang sesuai dengan prinsip syariah.

Asuransi syariah sebenarnya sudah lama dibicarakan para ahli agama dimana istilah asuransi dalam bahasa Arab dikenal dengan istilah at tadhamun atau at takaful yang artinya saling menanggung atau at-ta’min dari masdar amina yang artinya aman, tenang, atau tenteram. Al Quran juga sudah menjelaskan manfaat asuransi ini seperti tertuang dalam Surat Al Baqarah ayat 240 yang artinya, “Hendaklah (kita) berwasiat untuk memberikan nafkah kepada mereka yang ditinggalkan.”

Dalam system asuransi syariah ini para peserta memberikan atau menghibahkan kontribusi yang nantinya dimanfaatkan untuk membayar klaim jika ada peserta lain yang sedang menderita atau mengalami musibah. Sedangkan peran dari perusahaan asuransi dalam asuransi syariah lebih sebatas sebagai pengelola operasional dan investasi dari dana peserta.

Ada berbagai perbedaan asuransi syariah dengan yang konvensional. Diantaranya, perjanjian dalam asuransi syariah dibuat berdasarkan prinsip tolong-menolong, sedangkan dalam asuransi konvensional perjanjiannya berdasarkan prinsip jual beli untuk saling mengambil keuntungan.

Begitu juga menyangkut dana nasabah dalam asuransi syariah merupakan hak dari peserta sedang perusahaan asuransi hanya mendapat amanah untuk mengelolanya. Ini berbeda dengan yang konvensional dimana dana premi yang yang terkumpul dari nasabah menjadi milik perusahaan dan berhak untuk dikelola sesuai prinsip bisnis.

Begitu juga dengan pengalihan risiko yang umum diterapkan dalam asuransi konvensional namun tidak dikenal dalam asuransi syariah. Risiko dalam asuransi syariah tetap ada pada para peserta sedangkan perusahaan asuransi lebih sebagai pemegang amanah yang mengelola dana dan tidak menanggung risiko.

Memilih Asuransi Syariah Terbaik

Di tengah banyaknya produk asuransi syariah yang ada, tentunya bukan hal mudah untuk memilihnya. Salah satu tips mudah memilih asuransi syariah terbaik adalah dengan melihat reputasi perusahaan asuransi yang mendapat amanah untuk mengelola dana. Selain itu tentunya juga dengan melihat manfaat apa saja yang bisa diperoleh jika kita ingin memiliki asuransi ini.

Ada beberapa produk asuransi syariah terbaik yang sangat direkomendasikan, yaitu asuransi jiwa Allisya Protection Plus (Asuransi Jiwa Unit-link Syariah) dan Allisya Care (Asuransi Kesehatan Murni Syariah). Kedua produk dari perusahaan asuransi Allianz yang diketahui memiliki reputasi internasional yang snagat baik dan terpercaya.

Allisya Protection Plus atau popular dengan sebutan Tapro Allisya atau Tapro Syariah ini memadukan asuransi jiwa dengan investasi berbasis syariah. Selain memberikan perlindungan jiwa selamanya alias seumur hidup, Tapro Allisya juga menawarkan banyak rider (manfaat tambahan) yag bisa dipilih, seperti perlindungan kecelakaan, penyakit kritis, rawat inap, cacat tetap total, hingga pembebasan premi. Sedangkan investasinya diterapkan pada berbagai instrumen investasi yang halal dan bebas riba.

Sedangkan Allisya Care adalah asuransi kesehatan murni tanpa investasi yang dilengkapi dengan fasilitas cashless atau tanpa perlu membayar uang saat perawatan di ruimah sakit.

Untuk informasi lebih detail silahkan baca:

Alisya Care Allianz TAbungan PROteksi Keunggulan TAPRO Manfaat Asuransi Allianz TAPRO Contoh UP 1 Milyar

Demikianlah beberapa tips memilih asuransi syariah terbaik yang memberikan perlindungan optimal untuk diri dan keluarga yang semoga bermanfaat.

Leave a comment

Minimum 4 characters

Dapatkan Penawaran Asuransi Anda